Kadisdik DKI: Siswa Yang Menyaksikan Jadi Pelaku “Bullying” Non-verbal

 Nasional

JAKARTA, – Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto mengatakan, selain bullying verbal, para siswa-siswi yg berada di lokasi dan menonton tindakan bullying terhadap siswi SMP yg viral di media sosial termasuk dalam kategori bullying.

Sopan mengatakan, siswa-siswi yg berkumpul tersebut termasuk melakukan bullying secara non-verbal. Hal ini sesuai dengan definisi bullying dalam instruksi Gubernur DKI Jakarta No 15 Tahun 2016.

“Mereka melakukan bullying non-verbal yg nonton-nonton. Yang diam, merekam, dan nge-share,” ujar Sopan ketika dihubungi, Senin (17/7/2017).

Dalam Ingub, tindakan yg masuk ke dalam kategori non-verbal meliputi melihat dengan sinis, mengejek, mengucilkan seseorang, mengirimkan surat kaleng, mengancam atau mengintimidasi melalu media sosial atau sarana teknologi lainnya.

Baca: Polisi Usut Laporan Pem-bully-an terhadap Siswi SMP di Thamrin City

Dalam video bullying yg viral di media sosial, sekelompok siswi SMP berkeliling seorang siswi yg sedang di- bully oleh beberapa siswa-siswi SMP. Tampak ketika tindakan bullying terjadi, tidak ada satupun siswa-siswi yg melerai.

Baca: 9 Pelaku Bullying di Thamrin City Dikeluarkan Sekolah, KJP Dicabut

Terdengar juga ejek-ejekan yg diteriakan kepada siswi korban bullying itu. Sejumlah siswa-siswi juga kelihatan merekam adegan ketika siswi yg di-bully mencium tangan beberapa orang siswa-siswi yg mem-bully-nya.

Tindakan bullying terjadi di Thamrin City, Jakarta Pusat, pada Jumat (14/7/2017). Dinas Pendidikan dan polisi masih meminta informasi dari sejumlah pihak yg terlibat dalam bullying tersebut.

Baca: Pelaku Bullying Siswi SMP di Thamrin City Punya Geng Sejak SD

Sumber: http://megapolitan.kompas.com

Anda sudah membaca berita Kadisdik DKI: Siswa yang Menyaksikan Jadi Pelaku “Bullying” Non-verbal. Silahkan Komentar dibawah. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.