Jakarta Creative Hub Sediakan Pelatihan Bagi Warga Rusun

 Nasional

JAKARTA, – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Jakarta Creative Hub menyediakan pelatihan berbagai kerajinan untuk warga yg tinggal di rumah susun sederhana sewa.

Jakarta Creative Hub tak cuma diperuntukan buat anak-anak muda yg ingin mengembangkan industri kreatif.

“Jakarta Creative Hub bukan cuma buat anak muda, tapi juga berkolaborasi dengan warga rusun sehingga setiap ketika ada pelatihan-pelatihan di sini,” ujar Djarot di Jakarta Creative Hub, Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (14/7/2017).

Djarot menuturkan, desain kerajinan buat warga rusun dibuat di Jakarta Creative Hub. Setelah itu, warga membuat kerajinan sesuai desain tersebut di rusun tempat mereka tinggal.

Menurut Djarot, dibuatnya pelatihan itu yaitu keinginan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ketika mulai membangun Jakarta Creative Hub.

“Desain dibuat di sini, kemudian pengerjaannya di rusun-rusun kita sehingga Ibu-ibu di sana milik pekerjaan,” kata dia.

Djarot menyampaikan, Pemprov DKI Jakarta menyediakan kendaraan untuk warga rusun yg mengikuti pelatihan di Jakarta Creative Hub. Selain itu, Djarot menyebut Jakarta Creative Hub juga meminjamkan mesin jahit buat kelompok-kelompok yg ingin membuat kerajinan.

Djarot tak ingin mesin jahit dipinjamkan terhadap orang per orang karena khawatir diperjualbelikan.

“Sistemnya pake kelompok atau koperasi. Dilatih di sini, kalau telah bagus, pinter, banyak pesenan, maka kalian beri mesin jahit, peralatan, tapi tak boleh dibawa pulang, hilang,” ucap Djarot.

Baca: Menengok Jakarta Creative Hub, OK OCE ala Ahok

Jakarta Creative Hub yaitu wadah untuk para pelaku usaha muda bagi mengembangkan kreativitas mereka dan berwirausaha. Jakarta Creative Hub terbagi dalam tiga konsep, yakni makerspace, co-office, dan co-working.

Ada pula dua ruangan penunjang, seperti ruang pelatihan, bengkel kerja, perpustakaan, laboratorium komputer, dan ruang belajar. Ada 12 ruang kerja yg disewakan kepada pelaku UKM di bagian belakang Jakarta Creative Hub.

Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan alat buat berkreasi dan berwirausaha, seperti mesin jahit, mesin potong besar, mesin gerber, mesin buat kulit, kayu, logam, dan lainnya. Jakarta Creative Hub dibangun melalui pembiayaan pemenuhan kewajiban pengembang, yakni PT Singo Propertindo.

Pembangunan dilaksanakan akan November 2016 dan rampung pada Februari 2017. Jakarta Creative Hub diresmikan oleh Ahok pada 1 Maret 2017.

TV Jakarta diperkirakan mulai dihadapkan dengan persoalan pendatang baru yg ingin mengadu nasib di Ibu Kota.

Sumber: http://megapolitan.kompas.com

Anda sudah membaca berita Jakarta Creative Hub Sediakan Pelatihan bagi Warga Rusun . Silahkan Bagikan berita ini. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.