Miryam Masih Tak Terima Disebut Beri Keterangan Palsu Di Sidang E-KTP

 Nasional

JAKARTA, – Miryam S Haryani merasa keberatan dengan dakwaan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yg dibacakan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (13/7/2017).

Miryam tetap tak terima disebut memberikan informasi palsu di pengadilan.

“Saya keberatan atas dakwaan yg dibuat oleh jaksa. Saya tak pernah memberi informasi yg tak benar sesuai Pasal 22 itu,” ujar Miryam seusai menjalani sidang perdana sebagai terdakwa.

(baca: Miryam S Haryani Didakwa Beri Keterangan Palsu di Sidang Kasus E-KTP)

Menurut Miryam, informasi yg ia sampaikan ketika menjadi saksi dalam persidangan masalah korupsi proyek e-KTP, adalah informasi yg sebenarnya.

Sementara, apa yg ia jelaskan dalam berita acara pemeriksaan (BAP), klaim dia, semuanya tak benar.

Miryam masih beralasan bahwa ketika memberikan informasi melalui BAP, dirinya tertekan dan dipengaruhi oleh penyidik KPK.

“Proses penyidikan yg aku jalani itu aku merasa agak tertekan dan cukup stres ya. Terutama yg dominan yg menekan aku adalah Pak Novel,” kata Miryam.

(baca: Menangis, Mantan Anggota Komisi II Bantah Semua Isi BAP soal E-KTP)

Miryam didakwa memberikan informasi palsu di pengadilan. Miryam diduga dengan sengaja tak memberikan informasi yg benar ketika bersaksi dalam persidangan perkara dugaan korupsi pengadaan e-KTP.

Menurut jaksa, Miryam dengan sengaja mencabut segala informasi yg pernah ia berikan dalam BAP.

Salah satunya, terkait penerimaan uang dari mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sugiharto.

(baca: Psikolog Simpulkan Miryam Tak Tertekan Saat Diperiksa KPK)

Dalam persidangan, anggota Fraksi Partai Hanura itu mengatakan, sebenarnya tak pernah ada pembagian uang ke sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI periode 2009-2014, sebagaimana yg dia beberkan sebelumnya kepada penyidik.

Miryam beralasan, ketika memberikan informasi dalam BAP, ia ditekan dan diancam oleh tiga penyidik KPK. Padahal, menurut jaksa, alasan Miryam tersebut tak benar.

 

TV Panitia Khusus Angket KPK mulai melakukan pemanggilan kedua terhadap Miryam S Haryani.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Anda telah membaca berita Miryam Masih Tak Terima Disebut Beri Keterangan Palsu di Sidang E-KTP. Silahkan Komentar dibawah. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.