DPRD DKI Akan Tinjau Operasional MRT Di Hongkong Karena Hal Ini…

 Nasional

JAKARTA, – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan, anggota DPRD DKI berencana ke Hongkong dalam rangka mengkaji operasional mass rapid transit ( MRT) di sana.

Sebab, manajemen PT MRT Jakarta mencontoh operasional MRT di Hongkong. “Ini kan barang Jepang, tiba-tiba kata manajemennya contoh operasionalnya Hongkong. Kami mau lihat kan operasional di sana kayak apa sih,” ujar Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2017).

(Baca juga: Djarot Dukung DPRD DKI Kunker ke Hong Kong Lihat MRT)

Menurut Taufik, kajian operasional MRT di Hongkong diperlukan bagi menentukan subsidi tiket MRT yg mulai diberikan.

Sebab, selain MRT, subsidi harus diberikan terhadap proyek light rail transit (LRT) dan transjakarta.

“DKI itu harus memikirkan 3 besar subsidi pada tahun 2019, MRT, LRT, busway (transjakarta), besar itu subsidinya. Kalau kalian enggak subsidi, enggak ada yg naik, mahal nanti,” kata dia.

Meskipun begitu, kata Taufik, DPRD DKI Jakarta belum merencanakan waktu keberangkatan mereka ke Hongkong.

Dia menyebut yg mulai berangkat ke sana adalah komisi yg mengurusi proyek MRT di Jakarta. “Saya enggak tahu kapan, tetapi kita perlu kaji,” ucap Taufik.

(Baca juga: Tentukan Subsidi MRT, DPRD DKI Berencana ke Hongkong)

Rencana DPRD DKI buat pergi ke Hongkong berawal ketika DPRD DKI meninjau proyek MRT di Lebak Bulus pada Senin (10/7/2017).

Para pimpinan dewan mengatakan keinginan tersebut setelah Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Tuhiyat memaparkan konsep transit oriented development (TOD) MRT Jakarta mulai mengacu pada TOD di LOHAS Park Hongkong.

TV Sumarsono, mengaku sudah mengajak Menteri BUMN dan dua anggota DPRD DKI Jakarta bagi meninjau segera perkembangan MRT.

Sumber: http://megapolitan.kompas.com

Terima kasih telah membaca berita DPRD DKI Akan Tinjau Operasional MRT di Hongkong karena Hal Ini…. Silahkan Bagikan berita ini. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.