Data Mahasiswa Tak Masuk, UNJ Jalin Komunikasi Dengan Dikti

 Nasional

JAKARTA, – Universitas Negeri Jakarta ( UNJ) sudah menjalin kerjasama dengan Sub Bidang Informasi dan Publikasi PD (Pangkalan Data) Dikti, Pusdatin Iptek Dikti, Kemenristekdikti mengenai data mahasiswanya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubbid Informasi dan Publikasi PD (Pangkalan Data) Dikti, Pusdatin Iptek Dikti, Kemenristekdikti, Franova Herdiyanto kepada , Selasa (11/7/2017).

“Kami telah mendapatkan surat permohonan pembukaan periode laporan dari pengelola PD Dikti UNJ, dan sudah kita proses,” ujar Franova.

Ia berharap, pihak UNJ memperbaiki dan langsung meng-update data mahasiswanya yg valid, sehingga tak ada mahasiswa yg tak tercantum pada laman forlap.ristekdikti.go.id. Ia mengatakan, peraturan mengenai pendataan data mahasiswa ini telah diwajibkan sejak tahun 2002.

“Untuk Pendataan Pendidikan Tinggi telah ada dan diwajibkan sejak tahun 2002, bagi laman forlap baru ada sejak sekitar tahun 2014,” sebutnya.

Sebelumnya, Kepala Program Studi (Kaprodi) D3 Pariwisata Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Budi menjelaskan penyebab sebagian besar data mahasiswanya tidak tercantum dalam laman forlab dikti.

“Sepertinya baru lima tahun terakhir diadakan laporan (forlap dikti) itu. Cuma buat angkatan 2014 memang belum (terdaftar di forlap dikti). Kalau angkatan setelahnya udah terdaftar semua,” ujarnya saat dihubungi .

Baca: Mahasiswa UNJ Sebut Ratusan Rekannya Tak Terdaftar dalam PDPT DIKTI

Franova menjelaskan akibat yg ditimbulkan seandainya data mahasiswa tidak tercantum dalam laman forlab dikti. Selain dibutuhkan sebagai rujukan pemberian beasiswa, penelitian, perlombaan tingkat mahasiswa dan hal lainnya, data mahasiswa di PDDikti sangat utama saat seorang mahasiswa pindah perguruan tinggi (PT).

BKN (Badan Kepegawaian Negara) dan BKD (Badan Kepegawaian Daerah) pun telah mengetahui fungsi strategis PDDikti ini dan memakai PD Dikti bagi melacak legalitas pendidikan tinggi calon PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun PNS aktif .

Sumber: http://megapolitan.kompas.com

Anda sudah membaca berita Data Mahasiswa Tak Masuk, UNJ Jalin Komunikasi dengan Dikti. Silahkan Komentar dibawah. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.