Wiranto Anggap Kenaikan Dana Bantuan Wajar Karena Parpol Emban Tugas Mulia

 Nasional

JAKARTA, – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menuturkan bahwa rencana kenaikan dana bantuan bagi partai politik (parpol) yaitu satu yg wajar. Sebab, menurut ketua Dewan Penasehat Partai Hanura itu, parpol juga berperan dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan dalam negeri.

“Tatkala ada usulan kenaikan anggaran pembiayaan parpol itu satu yg sangat wajar,” ujar Wiranto ketika ditemui usai pertemuan kerja dengan Badan Anggaran DPR, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Wiranto mengatakan, parpol sebagai salah sesuatu unsur politik nasional berperan dalam mencetak kader-kader pemimpin negara. Oleh karena itu, dia menilai perlu adanya kenaikan bantuan dana parpol tersebut.

(Baca: Dana Bantuan Parpol Diusulkan Naik hingga 50 Kali Lipat)

Selain itu, situasi politik juga dipengaruhi keadaan internal partai.

Di sisi lain, kenaikan dana bantuan parpol juga mulai meminimalisasi peluang partai politik buat mencari pendanaan yang lain yg berpotensi melanggar hukum.

“Alangkah sedihnya kalau tugas ini tak didukung pembiayaan yg memadai. Parpol pun tak harus mencari dana yang lain yg barangkali mulai berurusan dengan persoalan pelanggaran hukum,” ucapnya.

(Baca: Terdakwa Korupsi Dana Bantuan Parpol Divonis Bebas)

Meski demikian, Wiranto menegaskan kenaikan tersebut tak boleh berlebihan dan disertai dengan sistem pertanggungjawaban dan akuntabilitas.

“Perlu ada sesuatu sistem yg menjaga agar dukungan terhadap parpol itu tak disalahgunakan,” kata Wiranto.

Sebelumnya, pemerintah mengusulkan kenaikan bantuan dana partai politik dari Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 per suara. Penambahan tersebut mulai diatur melalui revisi Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik.

TV Salah sesuatu aturan yg masih alot dibahas adalah presidential treshold atau ambang batas pencalonan presiden.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Terima kasih sudah membaca berita Wiranto Anggap Kenaikan Dana Bantuan Wajar karena Parpol Emban Tugas Mulia. Silahkan Komentar dibawah. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.