Raperda Yang Atur Kenaikan Tunjangan DPRD DKI Dikategorikan Mendesak

 Nasional

JAKARTA, – Rancangan peraturan daerah tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD DKI sebenarnya tak masuk dalam prolegda 2017. Namun, DPRD DKI Jakarta tetap ingin membahas raperda yg mengatur tentang kenaikan tunjangan mereka itu.

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD DKI, Merry Hotma, menyampaikan raperda itu masuk dalam kategori mendesak sehingga mampu dibahas meskipun tak masuk prolegda 2017.

“Memang ada 32 prolegda dan raperda ini enggak masuk karena PP (Peraturan Pemerintah) yg mengatur baru keluar,” ujar Merry di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Senin (10/7/2017).

Merry menyampaikan hal ini diatur dalam Perda No 10 Tahun 2013 tentang Pembentukan Peraturan Daerah. Pada Pasal 28 dalam perda itu, tertulis bahwa perda yg bersifat utama dan strategis dapat masuk di tengah tahun, meski tak masuk dalam prolegda.

Raperda ini muncul karena ada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD. Pemerintahan di setiap daerah di Indonesia dapat menerapkan PP tersebut, tapi harus membuat turunan perda.

Baca: DPRD DKI Akan Bahas Raperda bagi Tingkatkan Tunjangan Mereka

Merry menyampaikan perda harus telah disahkan dalam waktu 3 bulan setelah PP No 18 tahun 2017 keluar pada 2 Juni 2017. Itu artinya, waktu yg mereka miliki tinggal 2 bulan lagi. Merry menyampaikan hal itu yg membuat raperda ini mendesak.

“Dalam kondisi tertentu ini kan artinya darurat, penting, amanah PP Nomor 18 tahun 2017 cuma memberi waktu 3 bulan,” ujar Merry.

Merry menyampaikan hal ini bukan semata-mata demi menaikan tunjangan anggota DPRD DKI. Melainkan buat melaksanakan amanat PP yg cuma memberi batas waktu hingga 3 bulan.

“Karena kalau lewat 3 bulan, enggak berlaku nanti PP ini ke kami di DKI Jakarta,” ujar Merry.

TV DPRD Resmi Ajukan Djarot Gantikan Ahok

Sumber: http://megapolitan.kompas.com

Anda sudah membaca berita Raperda yang Atur Kenaikan Tunjangan DPRD DKI Dikategorikan Mendesak. Silahkan Komentar dibawah. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.