Kenapa Buku “Kesultanan Majapahit” Baru Viral Sekarang?

 Nasional


DEPOK, –
Buku “Kesultanan Majapahit: Fakta Sejarah yg Tersembunyi” yg ditulis Herman Sinung Janutama, telah beredar sejak 2010. Namun, keberadaan buku tersebut baru viral ketika ini.

Berbeda dari yg selama ini diketahui masyarakat umum, dalam bukunya, Herman menulis Majapahit bukan sebagai kerajaan Hindu, melainkan kerajaan Islam. Menurut Herman, di dalam bukunya juga terjadi kekeliruan percetakan di mana Gajah Mada tercetak menjadi Gaj Ahmada.

Ditemui ketika menjadi pembicara dalam sebuah diskusi di Depok, Sabtu (8/7/2017).

Herman mengungkapkan, bukunya menjadi viral setelah kembali dicetak oleh sebuah penerbit di Jakarta belum lama ini.

“Penerbit Naura Book yg ada di Lenteng Agung sini minta supaya bisa tersosialisasikan dengan baik, bagaimana agar diterbitkan ulang oleh mereka. Saya sih monggo saja. Yang utama tak buat kepentingan yg neko-neko silakan saja,” ujar Herman.

(baca: Gaj Ahmada Viral dan Diolok-olok, Apa Kata Penulis Buku?)

Menurut Herman, buku “Kesultanan Majapahit: Fakta Sejarah yg Tersembunyi” pertama kali dicetak pada 2010 bersamaan dengan penyelenggaraan Muktamar Muhammadiyah. Saat itu, buku diterbitkan oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta.

“Setelah dikaji beberapa tahun di LKHP Yogyakarta, kemudian sampai saatnya Muktamar 2010 aku diminta panitia agar catatan-catatan aku tentang Majapahit dijadikan buku buat meramaikan muktamar,” ujar Herman.

Meski telah dicetak, Herman menuturkan ketika itu buku tak dijual bebas, tetapi cuma buat peserta Muktamar Muhammadiyah. Jumlah yg dicetak pun cuma 1.000 eksemplar.

Setelah muktamar usai, Herman menyebut buku tak pernah lagi dicetak. Sampai akhirnya pada 2017, Naura Book menawarkan diri buat menerbitkan buku tersebut.

“Saya sebelumnya dengan Naura Book silakan saja, monggo silakan,” ucap Herman.

(baca: Penjelasan Muhammadiyah Kota Yogyakarta soal Gaj Ahmada yg Viral)

Sumber: http://megapolitan.kompas.com

Anda sudah membaca berita Kenapa Buku “Kesultanan Majapahit” Baru Viral Sekarang?. Silahkan Komentar dibawah. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.