Gelar Halalbihalal PKB, Cak Imin Harap Muncul Budaya Saling Memaafkan

 Nasional

JAKARTA, – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) Muhaimin Iskandar menggelar open house buat halalbihalal di kediamannya di Jalan Warung Sila, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (8/7/2017).

Pria dengan sapaan Cak Imin itu mengundang kader internal partai dan juga parpol lain.

“Kami lebih banyak internalnya ya, tetapi tadi ada yg mau tiba dari dua partai, ya silakan. Tapi lebih banyak mengundang internal kami,” kata Cak Imin di kediamannya, Sabtu siang.

Cak Imin mengatakan, halalbihalal yaitu suatu tradisi yg khas di Indonesia. Tradisi halalbihalal, lanjut Cak Imin, ditemukan Kyai Abdul Wahab Hasbullah bersama Presiden Soekarno.

Saat itu keadaan bangsa Indonesia sedang terancam perpecahan antarkelompok masyarakat dan antarkelompok politik. Maka, lanjut Cak Imin, setelah Lebaran ketika itu dibuatlah halalbihalal.

Menurut Cak Imin, halalbihalal bertujuan buat silaturahmi saling memaafkan dan saling merelakan kesalahan. Dia berharap tradisi ini selalu diperluas, termasuk di pemerintahan.

Apalagi momentum sekarang, menurut dia, juga sedang dalam keadaan ancaman perpecahan, seperti perselisihan antar Dewan Perwakilan Rakyat dan KPK, antara liberalisme dan agama, antara kekuatan sekuler dan agama, yg berpotensi menimbulkan konflik sosial.

“Karena itu mari kalian menahan diri, perbedaan pandangan, pendapat itu biasa, dengan halal bihalal tak merusak kekeluargaan dan persahabatan, tapi harus saling menghormati,” ujar Cak Imin.

(Baca juga: Muhaimin Sarankan Upaya Membumikan Pancasila Lewat Seni dan Kebudayaan)

TV Silaturahmi

Sumber: http://nasional.kompas.com

Anda telah membaca berita Gelar Halalbihalal PKB, Cak Imin Harap Muncul Budaya Saling Memaafkan. Silahkan Bagikan berita ini. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.