Fakta Akan Surati PT Transjakarta Soal Tuntutan Karyawan Kontrak

 Nasional

JAKARTA, – Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) mengaku mulai melakukan langkah klarifikasi terhadap PT Transjakarta terkait karyawan kontrak yg tidak kunjung menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut.

“Nanti kalian mulai bersurat lalu dengan manajemen PT Transjakarta biar cover both (side), tetapi intinya secara prinsip kalian yakin sama karyawan,” kata Ketua Fakta Azas Tigor Nainggolan, di Kantor Fakta Kalimalang, Jakarta Timur, Jumat (7/7/2017).

Tigor percaya para karyawan kontrak di PT Transjakarta diperlakukan semena-mena karena telah ada bukti yg diberikan kepada pihaknya. Namun, Tigor belum tahu pasti kapan mulai melakukan klarifikasi terhadap PT Transjakarta.

Selain itu, upaya klarifikasi ini diharapkan dapat membuat persoalan penetapan status karyawan tetap di PT Transjakarta tak berlanjut ke meja hijau.

“Kami mau klarifikasi sekaligus mengingatkan dan kita menawarkan agar permasalahan ini diselesaikan secara mediasi, tanpa ramai-ramai karena ini jumlahnya massal dan yg ngomong dan korban ribuan orang,” ucap Tigor.

Berdasarkan penuturan Budi Marcello Lesiangi yg yaitu perwakilan karyawan kontrak, terdapat kurang lebih 6.000 karyawan kontrak di PT Transjakarta ketika ini.

(Baca juga: Fakta dan LBH Jakarta Bentuk Posko Pengaduan Karyawan PT Transjakarta)

Mereka rata-rata sudah bekerja sejak 2004-2006 atau saat BUMD Transjakarta masih berstatus Badan Layanan Umum (BLU), UPT, hingga akhirnya berubah status menjadi PT.

Kendati demikian, Tigor tidak menutup kemungkinan seandainya perkara ini nantinya dibawa ke ranah hukum apabila PT Transjakarta tak mengabulkan tuntutan para karyawan kontrak.

“Kalau nggak dapat lewat klarifikasi ya kita mulai ambil langkah hukum,” ucap dia.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono sebelumnya mengatakan, pembahasan baru mampu dilanjutkan karena komite yg dibentuk bersama dua instansi sedang libur Lebaran pada minggu lalu.

“Habis libur Lebaran baru kalian ketemu. Saya tak percaya aku sebagai manajemen dapat menetapkan itu sendirian,” kata Budi, ditemui di Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7/2017).

(Baca: PT Transjakarta Kembali Bahas Nasib Pegawai Kontrak)

TV Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono, mengancam mulai menghukum para karyawan yg berunjuk rasa.

Sumber: http://megapolitan.kompas.com

Terima kasih telah membaca berita Fakta akan Surati PT Transjakarta soal Tuntutan Karyawan Kontrak. Silahkan Bagikan berita ini. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.