Anggota DPD Paparkan Keluhan Masyarakat Kaltim Terhadap PLN

 Nasional

JAKARTA, – Senator Dewan Perwakilan Daerah RI yang berasal Kalimantan Timur Aji Muhammad Mirza Wardana mengaku banyak keluhan masyarakat terkait ketersediaan listrik di luar pulau Jawa. Ini termasuk di daerah yg dia wakili, Kalimantan Timur.

Kalimantan Timur, kata dia, terkenal sebagai penghasil sumber daya alam yg kaya, terutama batubara. Ironisnya, dua daerah terpencil di sana juatru tak mendapatkan pasokan listrik.

“Daerah aku milik sumber daya batubara, gas, tetapi biaya operasional buat listrik besar sekali,” ujar Aji dalam diskusi “Polemik” bertajuk “Listrik, Rakyat, dan PLN” di Jakarta, Sabtu (8/7/2017).

Contohnya, kata dia, wilayah Kutai Kertanegara yg terletak di pinggiran sungai dan dekat dengan tambang batubara. Ironisnya, dengan sumber daya yg tersedia, justru daerah itu belum seluruhnya dialiri listrik.

Aji mengatakan, alasannya antara yang lain karena daerah tersebut berada di pelosok sehingga sulit dijangkau.

“Makanya, setiap daerah milik karakter berbeda. Ada yg jarak antarkampung dekat, ada juga yg jauh dan PLN malah menyerah,” kata Aji.

Di Kaltim, PLN membangun pembangkit listrik tenaga gas. Namun, pasokannya sangat terbatas sehingga digantikan dengan solar.

Aji menganggap, koordinasi PLN dengan Pertamina sebagai pemasok gas tak berjalan baik.

“Semestinya Pertamina mengalirkan gas setiap menit, tetapi tak dilakukan. Sehingga PLN yg mau menekan biaya listrik, malah tak terjadi,” kata Aji.

(Baca juga: YLKI: Pemangkasan Subsidi Listrik Harus Diimbangi Mutu Pelayanan PLN)

Di samping itu, tak sedikit keluhan yg masuk mengenai seringnya pemadaman listrik. Hal ini dianggap tak sebanding dengan penerapan tarif listrik, terlebih setelah adanya lemangkasan subsidi.

“Sering tak memperhitungkan kesulitan masyarakat. Seringkali saat pembayaaran listrik jatuh tempo, selalu nagih. Ketika pemadaman, tak ada tanggung jawab,” kata Aji.

TV PLN: Hanya Pelanggan Mampu yg Subsidinya Dicabut

 

Sumber: http://nasional.kompas.com

Terima kasih sudah membaca berita Anggota DPD Paparkan Keluhan Masyarakat Kaltim terhadap PLN. Silahkan Komentar dibawah. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.