Evaluasi Mudik 2017, Integrasi Antarmoda Diperbaiki

 Nasional

BAKAUHENI, – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah dan pemangku kepentingan terkait mulai meningkatkan prasarana transportasi tahun depan.

Demikian ia sampaikan setelah mengelilingi memantau jalannya arus balik pemudik di berbagai tempat.

Menurut Budi Karya, salah sesuatu perbaikan yg mulai dikerjakan adalah transportasi penyeberangan.

“Tadi kalian banyak diskusi dengan Pak Fary (Ketua Komisi V) , bagaimana prasarana tahun depan harus ditingkatkan,” kata Budi Karya ketika meninjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu (2/7/2017).

“Tadi Pak Fary juga menjelaskan bagaimana kalian membuat antarmoda (terintegrasi), dari ferry ke kereta api, dari ferry mobil, dari mobil ke kapal yg lain,” tambah Budi Karya.

(baca: Menhub Pantau Pelabuhan Bakauheni, Arus Balik Masih Lancar)

Kendati banyak yg harus diperbaiki, namun Budi mengapresiasi perbaikan layanan yg telah dikerjakan berbagai pihak seperti PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

Pertama, penerapan sistem reservasi online. Kedua, penambahan gardu di pelabuhan penyeberangan.

Ketiga, pemisahan pintu masuk kendaraan roda beberapa dan kendaraan roda empat.

“Karena (perbaikan) itu, kelihatan penumpukan kendaraan berkurang. Saya apresiasi segala stakeholder akan dari ASDP dan Polri yg bertugas di sini (Bakauheni),” kata dia.

 

Secara umum, Budi juga mengapresiasi kerja sama dan koordinasi yg baik lintas instansi, sehingga musim mudik tahun ini relatif lancar.

“Saya mengapresiasi seluruh stakeholder, Polisi, PU, ESDM, Menkoinfo, Kementerian Kesehatan dan sebagainya. Ini kerja sama kalian semua. Tidak ada kerja sektoral. Semua sesuai pesanan Pak Presiden,” ucap Budi.

Dalam kesempatan sama, Ketua Komisi V DPR-RI Fary Djemy Francis berharap koordinasi yg baik ini dilanjutkan di tahun-tahun mendatang.

Ia mengatakan, dengan kerja sama yg baik, terbukti angka kecelakaan juga menurun drastis hingga 14-15 persen dibandingkan tahun lalu.

“Tentu kalian berpikir bersama lagi, agar keberhasilan ini tak cuma di tahun ini. Kita pakai model seperti ini dalam rancangan undang-undang sistem integrasi transportasi nasional kita,” kata Fary.

Sebagai informasi, integrasi antarmoda dikerjakan salah satunya di transportasi penyeberangan.

Kementerian Perhubungan menyediakan bus rapid transit (BRT) Trans Lampung yg mengangkut pemudik dari Terminal Rajabasa menuju ke Pelabuhan Bakauheni, dan sebaliknya.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Anda sudah membaca berita Evaluasi Mudik 2017, Integrasi Antarmoda Diperbaiki. Silahkan Bagikan berita ini. Baca juga berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.