Cara Berbagi Lokasi Pakai WhatsApp Saat Mudik

 Teknologi

– Dalam perjalanan mudik, kami mampu saja terpisah dari anggota keluarga atau rombongan mobil. Ada juga momen di mana sedang janjian dengan teman perjalanan, tapi tak mengetahui lokasi pasti dari tempat bertemu.

Masalah tersebut ternyata mampu diatasi dengan mudah. Yang dibutuhkan oleh Anda hanyalah smartphone dan juga aplikasi WhatsApp.

Loh, bukankah WhatsApp itu aplikasi bagi berkirim pesan alias chatting? Kok mampu digunakan bagi mencari lokasi teman?

WhatsApp ternyata memiliki fitur buat berbagi lokasi ke contact lain. Fitur tersebut dimungkinkan dengan memanfaatkan kemampuan smartphone masa kini yg mampu menerima sinyal dari satelit GPS.

Menariknya, seperti fitur-fitur yang lain yg ada di WhatsApp, kemampuan berbagi lokasi ini cross-platform. Artinya, layanan ini mampu digunakan antar-perangkat smartphone yg berbeda sistem operasi. Contohnya, dari WhatsApp di perangkat Android ke iOS, begitu juga dengan sebaliknya.

Lantas, bagaimana cara memakai fitur tersebut?

Bagi pengguna Android, buka aplikasi WhatsApp. Kemudian, akan percakapan dengan pengguna yg ingin dibagikan lokasi Anda.

Setelah itu, tekan tombol attachment berbentuk klip kertas. Biasanya, tombol tersebut ada di kotak chat atau percakapan. Setelah diklik, segera saja tekan “Location”.

Apabila Anda memakai fitur ini buat pertama kalinya, mulai keluar sebuah kotak pertanyaan yg intinya sistem meminta izin buat mengakses lokasi Anda (GPS). Klik saja “Allow”.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-605665684349116116-411’); });

Terakhir, klik saja “Send your current location”.

Sementara itu, buat pengguna iPhone, langkah pertama pastinya adalah membuka aplikasi WhatsApp, kemudian memulai percakapan dengan pengguna yg ingin Anda bagikan lokasinya.

Kemudian, klik tombol “+” yg ada di sebelah kiri kotak percakapan dan pilih “Location”. Sama seperti versi Android, apabila fitur ini dikerjakan pertama kali, klik Allow bagi mengizinkan sistem mengakses lokasi. Terakhir, klik “Send” lokasi.

Di sisi penerima, mulai melihat attachment berbentuk peta. Itulah lokasi yg dibagikan oleh si pengirim.

Format attachment tersebut mampu diklik. Jika diklik, penerima mulai diarahkan ke aplikasi peta default yg telah dipilih (Android ke Google Maps, iOS ke Apple Maps). Di aplikasi Google Maps, pengguna mampu menekan “Go to Direction” bagi mengarahkan ke teman yg berbasi lokasi.

Pengguna iOS pun mampu diarahkan ke Google Maps segera dari Apple Maps. Caranya, tekan saja tombol panah ke atas, di sebelah kotak “Maps”. Setelah itu tekan “Open in Google Maps”.

Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yg Wajib Diketahui

Sumber: http://tekno.kompas.com

Anda telah membaca berita Cara Berbagi Lokasi Pakai WhatsApp saat Mudik. Silahkan Bagikan berita ini. Baca juga berita lain tentang Teknologi lainnya.

Related Posts

Comments are closed.