Petuah Jusuf Kalla, Pertikaian Golkar Di Senayan Harus Diselesaikan

 Nasional

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla kembali berkomentar soal kisruh yg kembali muncul di Partai Golkar.

Kali ini, kisruh itu terjadi setelah ada perombakan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yg dikerjakan Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali, Aburizal Bakrie.

“Semua ini (ketidakkompakan) bagian yg harus diselesaikan. Karena kalau di partai ini telah tak kompak, maka otomatis di dalam ada persoalan lagi,” ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

(Baca: Aburizal Dinilai Anak Buahnya Kendalikan Golkar seperti Perusahaan Keluarga)

Fraksi Partai Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat semakin terbelah usai Setya Novanto ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Golkar. Saat ini, Fraksi Golkar memiliki tiga orang yg mengklaim sebagai ketua.

Mereka adalah Ade Komarudin, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Setya Novanto.

Ade Komarudin sejak awal periode Dewan Perwakilan Rakyat bekerja ditunjuk oleh DPP Partai Golkar hasil Munas Bali di bawah kepemimpinan Aburizal Bakrie.

Sementara Agus Gumiwang ditunjuk oleh DPP Golkar Munas Ancol di bawah kepemimpinan Agung Laksono setelah terjadi dualisme.

(Baca: Setya Novanto Tanda Tangani Sendiri Surat Penunjukannya sebagai Ketua Fraksi)

Terakhir, Setya Novanto yg baru ditunjuk oleh kubu Aburizal sebagai Ketua Fraksi setelah dia mundur dari Ketua DPR. Dengan penunjukkan Setya ini, possi Ade Komarudin pun digeser.

Menurut Kalla, dualisme itu harus langsung berakhir. Dia meminta kubu Munas Bali dan Munas Ancol harus bersatu bagi membuat kepengurusan sementara sebelum Rapimnas dan bermuara pada Munas. Tanpa itu, Munas mulai sulit digelar.

Sumber: http://nasional.kompas.com

Terima kasih telah membaca berita Petuah Jusuf Kalla, Pertikaian Golkar di Senayan Harus Diselesaikan. Silahkan baca berita lain tentang Nasional lainnya.

Related Posts

Comments are closed.